Lena Waithe adalah seorang penulis dan produser televisi yang juga dikenal karena peran aktingnya dalam serial TV Master of None. Waithe juga memproduksi dan menulis film fitur 2019 Queen & Slim (dibintangi oleh Jodie Turner-Smith dan Daniel Kaluuya). Dia dibesarkan di Chicago dan pindah ke Los Angeles setelah kuliah untuk menjadi penulis TV pada tahun 2006.

Waithe mengerjakan sejumlah serial, termasuk menulis untuk acara anak-anak How to Rock (2012) dan acara polisi Bones (2014-15). Dia juga bekerja sebagai produser di Dear White People (2014), dan sebagai aktris – paling terkenal sebagai Denise di Master of None (2015-17). Pada 2017, Waithe memenangkan Emmy Primetime untuk menulis episode “Thanksgiving” (ia membagikan penghargaan tersebut dengan pembuat serial Aziz Ansari).

Pada 2018, Waithe mengadakan pertunjukan ciptaannya sendiri, The Chi (kependekan dari Chicago, kampung halamannya); produser acara tersebut termasuk pemenang Oscar Common. Film fitur pertama Waithe adalah Queen & Slim 2019, disutradarai oleh Melina Matsoukas. Lena Waithe berperan agen sbobet sebagai Tech, salah satu pemain cerdas dalam film Steven Spielberg Ready Player One (2018).

Tidak ada yang membuat langkah karir besar seperti alumni Televisi Lena Waithe ’06. Pada Penghargaan Emmy 2017, Waithe menjadi wanita Afrika-Amerika pertama yang memenangkan Emmy untuk tulisan luar biasa dalam serial komedi (Master of None, “Thanksgiving”). Belakangan tahun itu, Out Magazine menamai Waithe the Out100: Artist of the Year, sebuah penghargaan yang merayakan tokoh LGBTQ+ yang luar biasa di masyarakat Amerika. TIME menamainya di antara 100 orang paling berpengaruh tahun 2018.

“Hal-hal yang membuat kami berbeda,” kata Waithe di Emmy 2017, “itulah kekuatan super kami.”

Waithe memulai kariernya di televisi ketika, pada akhir tahun seniornya, dia menyelesaikan program Semester di LA Columbia College Chicago, pengalaman mendalam selama lima minggu dengan para profesional industri — dan dia tidak pernah pergi. Waithe tinggal di LA untuk mengerjakan proyek televisi besar The Real World and Bones, yang menghasilkan proyek film yang lebih besar seperti The Secret Life of Bees dan Notorious.

Sementara itu, Waithe terus mengerjakan materinya sendiri. Pada 2011, dia menulis video viral, “Shit Black Girls Say,” dan memproduksi film fitur 2014 Dear White People, sebuah sindiran tentang “menjadi wajah hitam di tempat yang sangat putih”. Film ini ditayangkan perdana di Sundance dan mendapatkan Hadiah Juri Khusus festival untuk Bakat Terobosan.

Dan bintangnya terus meningkat. Pada awal 2018, setelah memenangkan Emmy untuk Master of None, Waithe menayangkan serial drama Amerika semi-otobiografinya, The Chi, di Showtime. Pertunjukan tersebut mendapat ulasan positif dari The New York Times dan Chicago Tribune. Dia juga tampil di layar lebar sebagai Aech di Ready Player One karya Stephen Spielberg, yang tayang perdana pada musim semi 2018.

Pada tahun 2019, Amazon Studios menyalakan dua musim dari proyek Waithe berikutnya: sebuah antologi horor berjudul Mereka, yang musim pertamanya akan berlatar tahun 1953 di Carolina Utara yang terpisah. Dia telah membuat dan memproduksi sejumlah proyek televisi termasuk Boomerang, Twenties, dan komedi spesial HBO untuk vlogger dan podcaster Kid Fury.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Captcha loading...