Anil Kapoor lahir pada 24 Desember 1959 di Chembur, Mumbai, India. Dia adalah seorang Pembuat Film dan Aktor India. Dia telah muncul di banyak film Bollywood, dan juga di banyak serial TV.

Sejak tahun 2005, profesi Anil Kapoor telah dilalui sekitar 40 tahun sebagai aktor pertunjukan, dan juga sebagai pembuat film. Dia juga telah menerima berbagai penghargaan dalam seluruh kehidupan kejuruannya. Di banyak kelas akting yang beragam, Anil telah mendapatkan 2 Penghargaan Film Nasional dan 6 Penghargaan Filmfare.

Dia dibesarkan di Mumbai kepada pembuat film Surinder Kapoor. Pada tahun 1979, dia muncul di film pertamanya Hamare Tumhare. Pada tahun 1980, dia tampil di film Telugu, Vamsa Vruksham yang membuat debut film pertamanya. Dia kemudian ditampilkan sebagai artis pertunjukan utama.

Kemudian pada tahun 1983, Anil Kapoor membuat debut sbobet88 Film Kannada dengan tampil di Pallavi Anu Pallavi.

Pada tahun 1984, dia mendapatkan Penghargaan Filmfare pertamanya, untuk karyanya yang luar biasa dalam film Mashaal karya Yash Chopra. Kemudian, pada tahun 1988, ia menerima Penghargaan Filmfare ke-1 untuk Aktor Terbaik atas penampilannya yang luar biasa dalam film N. Chandra Tezaab. Anil di sepanjang garis ketenaran ini ditampilkan dalam banyak film lain yang secara fundamental dan efektif secara industri, termasuk Meri Jung (1985), Karma (1986), Janbaaz (1986), Awaargi (1990), Benaam Badsha (1991).

Dalam film megahit Mr. India, Anil Kapoor memainkan peran utamanya sebagai guru musik yang mengasuh anak yatim piatu; penemuan teknis ayahnya memberinya gadget khusus yang dapat mengubah seseorang menjadi keadaan yang tidak terlihat. Film ini dibuntuti oleh sederet film super hit lawan Madhuri Dixit seperti Ram Lakhan, Tezaab, dan Parinda. Pada tahun 1992, perannya dalam film Beta memberinya Penghargaan Filmfare keduanya untuk Aktor Terbaik.

Ia juga dianugerahi Penghargaan Filmfare pertama untuk peran pendukung terbaiknya dalam film Mashaal bersama dengan artis terkenal Bollywood Dilip Kumar. Hit box office-nya yang luar biasa adalah Mr. India berlawanan dengan Amrish Puri dan Sridevi pada tahun 1987.

Pada tahun 1997, ia tampil dalam film Virasat, yang membuatnya mendapatkan Penghargaan Kritikus Filmfare untuk Aktor Terbaik. Pada tahun 1999, ia mengambil bagian dalam film Taal yang memberinya Penghargaan Aktor Pendukung Terbaik Filmfare ke-2.

Pada tahun 2000, Anil Kapoor berpartisipasi dalam film Pukar yang memberinya Penghargaan Film Nasional untuk Aktor Terbaik. Selain itu, penampilannya yang luar biasa dalam film, No Entry, dan Dil Dhadakne Do memberinya Penghargaan Aktor Pendukung Terbaik Filmfare ke-3.

Anil Kapoor juga bermain melintasi perbatasan Industri Film Internasional, dan peran pertama Anil adalah dalam film Slumdog Millionaire yang disutradarai oleh Danny Boyle. Film ini diakui sebagai Film Pemenang Penghargaan, dan Anil mendapatkan Penghargaan Persekutuan untuk kinerja yang luar biasa. Secara internasional, dia menonjol di antara aktor layar film India yang paling dikenal.

Beberapa hits lainnya adalah Salaam-e-Ishq, No Entry, Slumdog Millionaire, Shootout at Wadala, Race, dan Race 2. Anil juga bekerja di film-film Hollywood seperti Mission Impossible – Ghost Protocol and Power. Dia juga tampil di film daerah seperti Pallavi Anupallavi dan Vamsa Vriksham.

Setelah beberapa kegagalan, Anil kembali dengan film megahit seperti Judai dan Virasat. Virasat menganugerahinya dengan Penghargaan Kritikus untuk Penampilan Terbaik pada tahun 1998. Anil berperan sebagai seorang mayor nasionalis yang menjadi korban kolusi politik.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Captcha loading...