Daftar Resep Kue Kacang Merah legit dan Sederhana, Gampang Dibuat – Aneka resep kue kacang merah berikut ini bisa sebagai inspirasi camilan Anda di sore hari. Selain dikonsumsi sendiri dengan keluarga dan orang-orang terdekat, resep kue kacang merah bisa juga Anda jadikan menjadi ide usaha kue rumahan.

Kacang merah merupakan salah satu bahan yang Slot online telah umum digunakan dalam pembuatan kue. Tidak hanya di Indonesia, banyak negara juga memanfaatkannya untuk isian atau tambahan adonan-adonan kuenya. Di Indonesia sendiri, kue kacang merah tersaji mulai dari yang bergaya tradisional hingga kekinian. Dilansir dari berbagai sumber, ini dia daftar resep kue kacang merah pilihan yang telah kami rangkum secara khusus hanya untuk Anda. Selamat mencoba!

Daftar Resep Kue Kacang Merah

1. Kue Talam Kacang Merah

Bahan-bahan yang diperlukan:

– 250 gr kacang merah yang segar
– 500 cc air
– 180 gr tepung beras
– 110 tepung sagu
– 700 cc santankental
– 200 gr gula pasir
– 1 sdt garam

Bahan lapisan atas atau santan gurih:

– 69 gr tepung beras
– 60 gr tepung sagu tani
– 500 cc santan kental
– 1 sdt garam

Cara membuat:

Rebus kacang merah dengan 500 cc air hingga empuk dan air menyusut. Campur jadi satu dalam wadah bahan lapisan bawah lalu saring, masukkan kacang merah, aduk rata, masak dengan api kecil hingga adonan hangat dan sedikit mengental.

Panaskan kukusan, tutup panci, lapisi serbet. Siapkan loyang ukuran 22 cm olesi dengan minyak, tuang lapisan bawah, lalu kukus selama 10 menit. Campur jadi satu lapisan atas. Masak setengah matang sedikit mengental. Lalu tuang di atas lapisan bawah. Kukus 10 menit. Setelah matang. Dinginkan dan siap disajikan.

2. Kue Ku Kacang Merah

Bahan-bahan yang diperlukan:

– 350 gr tepung ketan
– 300 gr kentang kukus
– 230 ml santan dicampur air
– 50 gr gula pasir
– 1,5 sdm minyak goreng

Bahan isian:

– 250 gr kacang merah
– Gula
– Garam
– Air

Cara membuat:

Isian: cuci bersih kacang merah, lalu rendam selama 2 jam, lanjut rebus sampai empuk, lalu blender dengan air, setelah itu tambahkan gula dan garam sesuai selera, jika mau pakai santan juga boleh, masak dengan api sedang cenderung kecil sampai bergumpal dan bisa dipulung.

Kulit: kukus kentang dan haluskan. Campurkan tepung ketan, gula, kentang, aduk rata dan masukkan sedikit demi sedikit air, jika dirasa sudah kalis, tambahkan minyak, uleni lagi, terakhir bagi adonan sesuai selera dan tambahkan pewarna makanan. Cetak kue ku sampai selesai.

3. Kue Gandasturi Kacang Merah

Bahan-bahan:

400 gr pasta kacang merah homemade
Bahan adonan pelapis:

– 150 gr tepung beras
– 150 mili air
– 1 sendok makan air kapur sirih
– 1/2 sendok teh vanili bubuk
– 1/2 sendok teh garam halus
– 1/4 sendok teh kunyit bubuk

Cara membuat :

Pasta kacang merah homemade. Bagi pasta kacang merah sebanyak 8 bagian dengan berat 50 gram. Campur semua bahan adonan pelapis, aduk rata. Noted: Air kapur sirih membuat tepungnya nanti menjadi keriting dan garingnya tahan lama di suhu ruang. Celupkan pasta kacang merah pada adonan pelapis. Dan goreng dengan api sedang hingga matang. Angkat, tiriskan dan siap disajikan.

4. Roti Kacang Merah

Bahan-bahan:

– 200 gr tepung terigu protein tinggi
– 100 gr tepung terigu protein sedang
– 40 gr gula pasir
– 50 gr butter
– 150 ml susu UHT dingin
– 2 butir kuning telur
– 3 gr ragi instan
– 1/2 sdt garam

Bahan isian:

– 2 cup kacang merah
– Air secukupnya
– Gula pasir secukupnya
– 1 lembar daun pandan
– 1 cubit garam

Cara membuat:

Buat isian kacang merah: Cuci bersih kacang merah, masukkan ke dalam panci presto, tuang air sampai kacang terendam semua. Masak sampai panci berdesis, kecilkan api masak kurang lebih 30 menit. Jika sudah dingin keluarkan kacang lalu blender bersama airnya sampai halus. Saring kacang yang sudah diblender sambil ditekan-tekan. Masak di atas panci anti lengket, tambahkan gula, garam, dan daun pandan.

Aduk sampai adonan mengental atau bisa dipulung. Buat roti: Aduk tepung, ragi instan, dan gula. Tuangi susu dan kuning telur, mixer dengan speed rendah sampai menggumpal. Masukkan butter dan garam, mixer lagi sampai kalis elastis. Lakukan windowpane test. Bulatkan adonan, olesi permukaan dengan minyak supaya tidak kering. Tutup, diamkan adonan sampai mengembang 2 kali lipat. Kempiskan adonan, lalu timbang masing-masing 20 gram. Bulatkan adonan, lalu beri isian kacang merah.

Pipihkan adonan dengan cara ditekan menggunakan jari, lalu gunting bagian pinggirnya. Tata di atas loyang. Tutup lagi, diamkan sampai mengembang. Olesi dengan susu lalu taburi sedikit wijen. Oven suhu 200 derajat celcius sampai kekuningan kurang lebih 18 menit. Angkat, oles permukaannya dengan butter, dinginkan di atas rak kawat.

5. Kue Bakpao Isi Kacang Merah

Bahan-bahan

– 350 gr terigu serbaguna
– 150 gr tepung tang mien
– 1 sdm makan ragi instan
– 4 sdm gula halus
– 2 sdm susu bubuk
– Secukupnya vanilla extract
– 60 ml putih telur
– 200 ml air dingin

– 80 gr mentega putih
– 1/2 sdt garam

Cara membuat:

Campur bahan A, tuang air sedikit demi sedikit, uleni sampai setengah kalis. Tambahkan bahan B, uleni sampai benar-benar kalis, elastis dan mengkilap. Bagi adonan, diamkan 30 menit. Setelah itu giling adonan, beri isian, bentuk sesuai selera.

Beri kertas sebagai alas kue pao. Diamkan lagi sampai mengembang 2x lipat, atau total dari proofing awal 1 jam 15 menit. Kukus selama 10 menit. Kue pao bisa disimpan di kulkas, kukus sekitar 3-5 mnt jika ingin dimakan. Selamat mencoba!

6. Kue Lapis Kacang Merah

Bahan-bahan:

– 250 gr kacang merah
– 125 gr tepung beras
– 50 gr tepung tapioka
– 10 sdm gula pasir
– 200 ml santan kental sasa
– 200 ml air
– Pewarna makanan

Cara membuat:

Rendam kacang merah semalaman. Paginya, rebus dengan air secukupnya dengan ditambah sejumput garam dan 5 sdm gula pasir sampai lembut. Lalu sebagian kacang dihaluskan pakai ulekan (kurang lebih 200gr). Campur dan aduk rata tepung beras, tepung tapioka dan gula pasir.

Lalu tambahkan 200ml santan dan 200ml air. Aduk rata. Kemudian bagi menjadi 2 bagian (merah dan putih) untuk warna merah tambahkan kacang merah yang dihaluskan. Tiap lapisan, kukus kurang lebih 5 menit. Untuk lapisan terakhir kukus sekitar 10 menit. Siap disajikan.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Captcha loading...